Senin, 21 Oktober 2013

SPESIFIKASI HARDWARE

Hai guys kali ini saya akan berbagi informasi tentang hardware khususnya fungsi piranti atau perangkat keras komputer. 

  • PROCESSOR
Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.
1. JENIS-JENIS PROCESSOR
  • Intel :
- Intel core i3
- Intel core i5
- Intel core i7
2. CHIPSET PROCESSOR
Sebuah chipset mengarahkan data dari CPU ke Chipset, mengatur Chace memori, Memori Utama, Host Bus dan Slot PCI ekspansi, mengatur ISA Bus, dan menjembatani antara ISA Bus dan PCI Bus, mengatur dan mengontrol I/O port dan slot IDE, menentukan kecepatan dari front-side bus, bus memory dan bus grafis, serta kapasitas dan tipe memori yang di dukung motherboard. Selain itu pula, chipset mengarahkan aliran data melalui bus PCIdrive IDE dan port I/O serta menentukan standar IDE juga tipe port yang didukung oleh sistem.
3. SPEED PROCESSOR
Setiap mikroprosesor berisi sebuah sistem clock, yang bertugas mengontol kecepatan semua operasi dalam komputer. Sistem clock menggunakan getaran yang stabil dari kristal quartz yang bisa memberikan detak digital atau “tick” bagi CPU. “Detak digital” inilah yamng dinamakan cycle. Angka clock speed yang lebih tinggi berarti pemrosesan data dan intruksi program juga dilaksanakan semakin cepat, sepanjang sirkuit internal komputer mampu menagani peningkatan kecepatan tersebut.
4. SOCKET PROCESSOR
Soket prosesor) berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan processor pada motherboard.
5.CACHE PROCESSOR
Cache berfungsi untuk membantu processor dalam mencapai ingatan atau data yang pantas. Hasilnya processor dapat memproses data dengan lebih pantas karena cache lokasinya adlah paling hampir dengan processor.

  • RAM 
1. JENIS-JENIS RAM :
1. DRAM

DRAM (Dynamic Random Access Memory) adalah jenis RAM yang menyimpan setiap bit data yang terpisah dalam kapasitor dalam satu sirkuit terpadu. Data yang terkandung di dalamnya harus disegarkan secara berkala oleh CPU agar tidak hilang. Hal ini membuatnya sangat dinamis dibandingkan dengan memori lainnya. Dalam strukturnya, DRAM hanya memerlukan satu transistor dan kapasitor per bit, sehingga memiliki kepadatan sangat tinggi.


2. SRAM

SRAM (Static Random Access Memory) adalah jenis RAM (sejenis memori semikonduktor) yang tidak menggunakan kapasitor. Hal ini mengakibatkan SRAM tidak perlu lagi disegarkan secara berkala seperti halnya dengan DRAM. Ini juga sekaligus membuatnya memiliki kecepatan lebih tinggi dari DRAM. Berdasarkan fungsinya terbagi menjadi Asynchronous dan Synchronous.



3. EDORAM 

EDORAM (Extended Data Out Random Accses Memory) adalah jenis RAM yang dapat menyimpan dan mengambil isi memori secara bersamaan, sehingga kecepatan baca tulisnya pun menjadi lebih cepat. Umumnya digunakan pada PC terdahulu sebagai pengganti Fast Page Memory (FPM) RAM.



4. SDRAM 

SDRAM (Synchronous Dynamic Random Acces Memory) adalah jenis RAM dinamis yang kemampuan kecepatannya lebih cepat dari pada EDORAM dan kepingannya terdiri dari 168 pin. RAM ini disinkronisasi oleh clock sistem dan cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.




5. RDRAM

RDRAM (Rambus Dynamic Random Acces Memory) adalah salah satu tipe dari RAM dinamis sinkron yang diproduksi oleh Rambus Corporation menggunakan Bus Speed sebesar 800 MHz tetapi memiliki jalur data yang sempit (8 bit). RDRAM memiliki memory controller yang canggih sehingga tidak semua motherboard bisa mendukungnya. Contoh produk yang memakainya adalah 3dfx seri Voodoo4.


6. NV-RAM 

NV-RAM (Non-Volatile Random Access Memory) merupakan jenis RAM yang menggunakan baterai Litium di dalamnya sehingga data yang tersimpan tidak akan hilang meskipun catu daya dimatikan.





7. VGRAM
VGRAM (Video Graphic Random Acces Memory) adalah jenis RAM yang dibuat khusus untuk video adapter. Kapasitas VGRAM sangat menentukan kualitas gambar yang dihasilkan oleh video adapter tersebut.
8. DDR SDRAM
Di tahun tahun 2000, Crucial berhasil mengembangkan kemampuan memori SDRAM menjadi dua kali lipat. Jika pada SDRAM biasa hanya mampu menjalankan instruksi sekali setiap satu clock cycle frekuensi bus, maka DDR SDRAM mampu menjalankan dua instruksi dalam waktu yang sama. Teknik yang digunakan adalah dengan menggunakan secara penuh satu gelombang frekuensi. Jika pada SDRAM biasa hanya melakukan instruksi pada gelombang positif saja, maka DDR SDRAM menjalankan instruksi baik pada gelombang positif maupun gelombang negatif. Oleh karena dari itu memori ini dinamakan DDR SDRAM yang merupakan kependekan dari Double Data.

2. CHIPSET RAM

Mengontrol input dan output(masukan dan keluaran) yang mendasar pada komputer. lebih jelasnya bahwa chipset yang terdapat pada motherboard berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu komonen ke komponen lainnya. misalnya, mengarahkan data dari CPU (processor) menuju kartu grafis (video card) atau ke sistem memory ( RAM), serta mangarahkan aliran data melalui bus PCI, drive IDE dan port I/O. Pada kasus ini , dapat di ibaratkan bahwa chipset seakan-akan berfungsi sebagai ‘polisi lalu lintas’ pengatur aliran data pada motherboard di sebuah PC (personal komputer) .

3. CACHE RAM
Cache yang digunakan oleh unit pengolah sentral dari sebuah komputer untuk mengurangi waktu rata-rata untuk mengakses memori .  Cache-nya lebih kecil, memory yang lebih cepat yang menyimpan salinan data dari yang paling sering digunakan di memori utama.  Selama mengakses memori cache, rata-rata latensi dari akses memori akan lebih dekat dengan latency cache daripada latency dari memori utama.

4. SPEED RAM
Merupakan kecepatan yang terdapat pada RAM yang berfungsi sebagai indikasi penyimpanan sementara yang terjadi pada komputer besar atau tidak, semakin besar RAM berati semakin besar tempat penyimpanan sementara pada komputer dan menyebabkan proses yang dilakukan komputer semakin besar.
  • MOTHERBOARD
1. CHIPSET MOTHERBOARD
Chipset pada motherboard berfungsi untuk mengontrol input dan output(masukan dan keluaran) yang mendasar pada komputer. lebih jelasnya bahwa chipset yang terdapat pada motherboard berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu komonen ke komponen lainnya. misalnya, mengarahkan data dari CPU (processor) menuju kartu grafis (video card) atau ke sistem memory ( RAM), serta mangarahkan aliran data melalui bus PCI, drive IDE dan port I/O. 

2. SLOT PADA MOTHERBOARD
1. ISA (Industry Standard Architecture)
Slot ini adalah yang paling umum tersedia pada motherboard, karena ISA adalah slot orisinil dari sebuah motherboard. Slot ini mulai dipergunakan mulai dari jamannya 286 sampai saat ini. Jika Anda melihat pada sistem motherboard Anda (motherboard jenis biasa), maka slot yang paling panjang adalah ISA. Namun jika semua slotnya berukuran sama, itu tandanya slot yang ada pada motherboard Anda adaah ISA semua. 8-bit ISA memiliki nilai transfer rate 0,625 MB/sec. Sedangkan sistem yang banyak dipakai saat ini lebih banyak menggunakan 16-bit ISA yang memiliki nilai transfer rate 2 MB/sec. Sebenarnya nilai ini tidak juga dikatakan besar. Namun berhubung card yang terpasang rata-rata tidak memerlukan kecepatan yang lebih dari ini, maka slot ini dianggap masih cukup kompatibel.
2. EISA (Enhanced Industry Standard Architecture)
EISA lebih banyak digunakan dalam sistem server. Karena slot ini memang sengaja diperuntukkan untuk meng-handle pekerjaan yang lebih berat dari ISA. EISA memiliki fitur bus mastering yang dapat membuatnya bekerja tanpa membebani kerja CPU. Contoh card yang menggunakan slot ini adalah SCSI card. Berhubung slot ini tidak mengganggu kerja CPU, maka slot ini cukup tepat untuk digunakan dalam meningkatkan kecepatan kerja komputer Anda.
3. MCA (Micro Channel Architecture)
Slot ini pertama kali diperkenalkan oleh IBM. Seperti EISA, MCA memiliki 32-bit dan mampu melakukan bus matering juga. Namun, MCA memiliki keterbatasan. Jika pada EISA Anda dapat memasang card ISA, pada MCA card ISA tidak dapat dipasangka di dalamnya. Meskipun demikian, MCA dapat otomatis mengenali jenis card yang dipasang ke dalamnya dan langsung melakukan konfigurasi dasar. MCA juga lebih kuat
menghadapi gangguan listrik dan mengurangi error yang kadang terjadi pada slot lain. Sayangnya, slot ini telah menjadi sejarah, yang artinya tidak dipergunakan lagi saat ini.
4. VESA (Video Electronics Standard Association)
Sesuai dengan namanya, slot ini memang digunakan untuk keperluan grafis yang embutuhkan kecepatan tinggi, seperti video card. Transfer rate yang dimiliki oleh VESA sendiri adalah 132 MB/sec. ada dasarnya sama dengan ISA slot, namun VESA memiliki slot tambahan di lakangnya sehingga total panjang yang dimiliki VESA lebih besar 4 inci dari ISA slot.
5. PCI (Peripheral Component Interconnect)
PCI dikembangkan oleh Intel. Oleh karena itu, slot ini sangat umum terdapat pada motherboard yang menggunakan prosesor Intel. Kecepatan yang dimiliki PCI hamper sama dengan VESA, namun spesifikasi lainnya berbeda. Pada PCI, Anda tidak akan direpotkan dengan masalah konfigurasi. Sebab PCI dapat melakukan konfigurasi otomatis. Berawal dari kelebihan PCI inilah, konsep Plug and Play mulai diperkenalkan.

6. PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association)
Yang sangat mencolok dari slot ini adalah bentuk card yang akan masuk ke dalamnya, yaitu hanya sebesar kartu kredit. Biasanya slot ini hanya terdapat pada perangkat yang memiliki mobilitas tinggi, seperti notebook. Namun, saat ini sudah banyak juga PC yang menyediakan slot PCMCIA. Dengan menggunakaninterface 68 pin, slot ini biasanya disediakan sebagai fitur ekspansi dari sebuah sistem. PCMCIA tersedia dalam berbagai tipe menurut ketebalannya. Tipe 1 memiliki ketebalan sebesar 3,3 mm dan biasanya berfungsi sebagai RAM atau flash memory. Tipe ini paling sering terdapat pada PDA atau kamera digital. Tipe 2 memiliki ketebalan 5 mm dan biasanya berfungsi sebagai modem atau adapter. Tipe 3 adalah tipe yang paling tebal (10,5 mm). Biasanya berfungsi sebagai alat tambahan seperti harddisk. Biasanya jika Anda memiliki slot PCMCIA tipe 3, Anda dapat juga menggunakan peripheral yang menggunakan tipe 1 dan 2, dikarenakan ketebalannya. Setiap slot membutuhkan jalur komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan card dengan CPU. Jalur komunikasi ini terdiri atas IRQ, DMA, dan memory address.
3. SOUTHBRIDGE
Fungsi Southbridge adalah mengatur kerja peripheral-peripheral semacam IDE Controller, PCI Bus, ROM Bios, Keyboard & Mouse, USB, Eth. LAN, Modem dan fungsi I/O lainnya
4. NORTHBRIDGE
Fungsi Northbridge adalah menjembatani arus data di sekitar main Memory, Prosesor, Front Side Busdan AGP Bus juga mengatur kerja power management. 
  • HARDRIVE
1. JENIS-JENIS HARDRIVE
1. Hardisk ATA / EIDE
Hard disk dengan tipe EIDE (Enhanced IntegratedDrive Electronic) atau tipe ATA (Advanced Technology Attachment)adalah standar versi terbaru suatu antar muka disk yang sesuai untuk koneksi ke bus. Banyak produsen disk memiliki rentang disk dengan antar muka EIDE / ATA, disk semacam itu dapat dihubungkan langsung ke bus PCI, yang digunakan pada banyak PC (personal computer). Keuntungan drive EIDE / ATA yangsignifikan adalah harganya yang cukup murah, karena penggunaannya di pasaran PC. Salah satu kekurangan utamanya adalah diperlukan kontroler terpisah untuk tiap drive jika dua drive digunakan bersamaan untuk meningkatkan performa. Salah satu produsen chip yang terkenal sudah menyertakan kontroler yang memungkinkan disk EIDE / ATA dihubungkan langsung ke motherboard.

2. Hardisk SCSI
Banyak disk memiliki antar muka yang didesain untuk koneksi ke bus SCSI standar. Disk tersebut cenderung lebih mahal, tetapi mempunyai performa yang lebih baik, yang dimungkinkan karena kelebihan bus SCSI daripada bus PCI. Akses yang bersamaan dapat dilakukan ke banyak disk drive karena antar muka drive secara aktif dihubungkan ke bus SCSI hanya pada saat drive tersebut siap untuk transfer data. Hal ini terutama berguna dalam aplikasi dimana terdapat sejumlah besar request untuk file kecil, yang sering terjadi dalam komputer yang digunakan sebagai file server.

3. Hardisk RAID
Menjanjikan performa yang luar biasa dan menyediakan penyimpanan yang besar dan handal. Disk tersebut digunakan baik dalam komputer performa tinggi atau dalam sistem yang memerlukan keandalan yang lebih tingi dari tingkat normal. Akan tetapi, dengan semakin menurunnya harga ke tingkat yang lebih terjangkau, disk tersebut menjadi lebih menarik bahkan untuk sistem komputer dengan ukuran rata-rata.
4. Hardisk SATA
Hard disk dengan tipe SATA (Serial Advanced Technology Attachment), yaitu interface disk ATA (Advanced Technology Attachment) dengan versi serialnya menggunakan kabel tipis yang memiliki total kabel kecil sekitar dua pertiga dari total kabel harddisk dengan tipe EIDE atau ATA disk yang berjumlah 39 pins dan SATA mempunyai kecepatan pengiriman data sangat tinggi serta mengurani latensi. Sehingga bus serial ini mampu melebihi kecepatan bus paralel. Hardisk SATA dalam mentransfer data secara berurutan atau serial lewat kabelnya dan juga secara teknik SATA menyusun sendiri disk yang tersambung ke dalam motherboard tanpa adanya sistem master ataupun slave, sehingga kabel SATA hanya dapat digunakan pada satu hard disk. Tipe hard disk yang telah dibahas ini, semuanya masuk dalam kategori internal hard disk, maksudnya yang diinstall di dalam CPU. Selain internal hard disk ada juga eksternal harddisk (hard disk yang berada diluar CPU), jadi bisa dipindah-pindahkan. Eksternal hard disk mempunyai kecepatan rotasi 7200 rpm, pemasangannya sangat mudah, tidak perlu membongkar PC dan hanya dengan menghubungkan port USB ke PC, dan dapat mentransfer data 480 Mbps.
5. Hardisk SSD
Seperti yang kita ketahui bahwa hardisk yang selama ini kita gunakan sebagai media penyimpanan masih mempunyai bagian mekanik didalamnya, sedangkan media SSD (Solid State Disk) sudah menggunakan teknologi seperti USB Drive atau memori komputer. Bila Anda perhatikan bahwa media seperti USB Drive ini tidak memiliki bagian yang bergerak. Intel menggandeng pabrikan asal Taiwan yaitu Kingston untuk memasarkan SSD Intel sehingga kehadiran kedua nama tersebut menjadikan pasar SSD makin bertambah. Nama yang sudah tidak asing lagi di dunia SSD adalah Sandisk, Samsung, Imation, Toshiba dan bahkan Seagate pun akan merambah juga ke pasar SSD ini. Memang kedepannya media penyimpanan akan lebih mengarah ke SSD karena memiliki banyak keunggulan dibandingkan media penyimpanan saat ini seperti Harddisk.
2.CHIPSET HARDRIVE
Mengontrol input dan output(masukan dan keluaran) yang mendasar pada komputer. lebih jelasnya bahwa chipset yang terdapat pada motherboard berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu komonen ke komponen lainnya. misalnya, mengarahkan data dari CPU (processor) menuju kartu grafis (video card) atau ke sistem memory ( RAM), serta mangarahkan aliran data melalui bus PCI, drive IDE dan port I/O. Pada kasus ini , dapat di ibaratkan bahwa chipset seakan-akan berfungsi sebagai ‘polisi lalu lintas’ pengatur aliran data pada motherboard di sebuah PC (personal komputer) .
  • GRAFIS ART
Pada era sekarang ini sudah semakin mudah dalam mengembangkan seni grafis . Jika anda tidak terlalu mahir dalam mensketch gambar pada buku gambar / kanvas dll , anda bisa menggunakan berbagai macam software komputer untuk memudahkan anda dalam mengembangkan ilmu grafis anda . Contoh - Contoh Software favorit yang paling banyak digunakan adalah CorelDraw , Photoshop , Flash , Illustrator , 3DMax , AutoCAD , ArchiCAD , AfterEffects dll. Untuk Menggambar sketsa Dengan bentuk Abstrak software terbaik yang dapat anda gunakan adalah Corel Draw. Untuk Meng-edit dan memanipulasi foto Software terbaik yang di gunakan adalah Photoshop .Untuk Membuat Logo Software terbaik yang di gunakan adalah Adobe Illustrator , Untuk Animasi Software terbaik yang di gunakan adalah Flash . Untuk Pengolahan Sketch Objek 3D Software terbaik yang di gunakan adalah 3DMAX . Untuk Pembuatan Website Software terbaik yang di gunakan adalah DreamWeaver . Untuk Arsitektur Software terbaik yang di gunakan adalah AutoCAD dan ArchiCAD .
  • PERIPHERAL DEVICE
Perangkat Tambahan Pada Komputer yaitu perangkat yang digunakan untuk kepentingan tertentu (tambahan), diluar dari perangkat umum computer. Jadi tanpa Perangkat Tambahan, komputer tetap dapat dijalankan (dioperasikan).
1. Modem
2. Bluetooth
3. USB (Universal Serial Bus)
4. HUB
5. UPS
6. Switch
7. Fan, dll
  • NETWORK CARD
Kartu jaringan (network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.
Network Interface Card (NIC) / Kartu Jaringan memiliki dua fungsi utama , yaitu:
1.    Peranti yang menyambungkan kabel jaringan dengan komputer.
2.    Peranti yang menyediakan pengalamatan secara fisik. Artinya kartu jaringan memiliki kode tertentu yang unik.
Chipset : Sebuah chipset mengarahkan data dari CPU ke Chipset, mengatur Chace memori, Memori Utama, Host Bus dan Slot PCI ekspansi, mengatur ISA Bus, dan menjembatani antara ISA Bus dan PCI Bus, mengatur dan mengontrol I/O port dan slot IDE, menentukan kecepatan dari front-side bus, bus memory dan bus grafis, serta kapasitas dan tipe memori yang di dukung motherboard. Selain itu pula, chipset mengarahkan aliran data melalui bus PCIdrive IDE dan port I/O serta menentukan standar IDE juga tipe port yang didukung oleh sistem.

  • PERBEDAAN SPESIFIKASI LAPTOP TOSHIBA DAN NOOTBOOK ACER
TOSHIBA
ACER
CPU
Intel mobile core 2 dua @2,10 GHz
Intel atom N45O @1,66 GHz
Soket p (478)
Socket 559 FCBGA8
Stock Bus Speed 200 MHz
Stock Bus Speed 166 MHz
Chache :
L1 Data Size 2 x 32 Kbytes
L1 Instructions Cache Size 2 x 32 KBytes
L2 Unified Cache Size 2 x 256 KBytes

Chache :
L1 Data Size 24 Kbytes
L1 Instructions Cache Size 32 KBytes
L2 Unified Cache Size 512 KBytes

RAM
Type : DDR3
DDR3
Size: 2048 MBytes
1024 MBytes
Memory slot 2
Memory slot 2
Total virtual 4,00 GB
Total virtual 1,99 GB
Motherboard
Chipset Vendor           :  Intel
Chipset Vendor           :  Intel
Chipset Model :    GM 45/ GM 47
Chipset Model :   Atom HOs Bridge
Chipset Revision :   07
Chipset Revision :   00
Southbridge Vendor :   Intel
Southbridge Vendor :   Intel
Southbridge Model   :   82801IM (ICH9-M)
Southbridge Model   :   NM10
Southbridge Revision :  03
Southbridge Revision :  02
Total Slot PCI-E : 5
Total Slot PCI-E : 1
HARDRIVE
Manufacturer Hitachi
Manufacturer  Western Digital
SATA type      SATA-II 3.0Gb/s
SATA type      SATA-II 3.0Gb/s
Device type     Fixed
Device type     Fixed
Speed  5400 RPM
Speed  5400 RPM
Capacity          233 GB
Capacity          233 GB
Real size          250,059,350,016 bytes
Real size          250,059,350,016 bytes
PHERIPHERAL
Standard PS/2 Keyboard
Standard PS/2 Keyboard
Synaptics PS/2 Port TouchPad
PS/2 Compatible Mouse
USB Video Device
USB Video Device
Disk drive
-
Disk drive
-
TransMemory
-
Printers :
Fax
Microsoft XPS Document Writer
Send To OneNote 2007 (Default Printer)

Printers :
Epson Stylus C63 Series (M)
Fax
Microsoft Office Document Image Writer
Microsoft XPS Document Writer
Send To OneNote 2007 ( Default Printer )



Notebook Acer punya teman saya mempunya tipe processor Intel Atom sedangkan yang toshiba punya saya tipe processornya Intel mobile core 2 duo.
Intel atom dipakai untuk aplikasi yang membutuhkan resource yang sederhana, misalnya untuk office application sehari hari, seperti membuat tugas surat menyurat, presentasi, mendengarkan musik, merakin HTPC system, image viewer dsb dll. Intel Atom didesain untuk memenuhi kinerja laptop & notebook. Sehingga kinerjanya lebih menghemat baterai dan mekanisme pengaturan energi yang dinamis.
Core 2 Duo adalah processor yang memiliki tingkatan yang lebih tinggi dibandingkan atom, untuk gaming, rendering, editing, folding, bencmarking dan kegiatan2 computing lainnya yang membutuhkan resource yang besar, kencang namun tetap stabil.Core2Duo didesain untuk memenuhi kinerja PC Desktop (yang pake CPU itu). Sehingga kinerjanya powernya besar.
Jadi, Core 2 Duo lebih besar powernya dibandingkan dgn Atom. Dari clock GHz-nya, FSB, Cache, dll. Core2Duo lebih besar dari pada Atom.



3 komentar:

  1. Promo DonacoPoker Spesial Menyambut Lebaran

    Promo spesial untuk menyambut Bulan Puasa Donaco Poker memberikan promo spesial yang hanya untuk anda member-member setia kami dengan memberikan tambahan deposit sebesar 10+10%.
    Permainan di DonacoPoker
    - POKER
    - DOMINO
    - CEME
    - CEME KELILING
    - CAPSA
    - SUPER10
    - OMAHA
    Hubungi kami di :
    WHATSAPP : +6281333555662
    atau langsung di Livechat kami ya bosku. Terimakasih

    DAFTAR

    Judi Poker Online Terbaik

    BalasHapus
  2. Permainan yang tengah jadi pujaan sekarang ini ialah game bandarq. Game ini disukai sebab langkah bermainnya gampang dengan skema bermain yang berlainan, unik serta begitu mengasikkan. Dalam permainan bandarq ini pemain juga bisa jadi bandar serta ini merupakan pengembangan baru yang di kembangkan di game judi kartu online hingga berikut yang membuat game bandarq makin di favoritekan sekarang ini. Di permainan bandarQ ini siapa saja ( tiap-tiap pemain) dapat jadi Bandar dengan minimum syarat chips yang perlu di punya oleh pemain itu , bila pemain telah penuhi minimum chips itu , jadi saat duduk di meja , sebagai Bandar akan dengan automatis bergantian sesuai tempat duduk nya masing masing. Apabila anda tidak mempunyai minimum chips yang di tetapkan oleh agen itu. Jadi anda akan dengan automatis jadi seseorang pemain biasa, atau anda bisa menantang Bandar.

    Cara Agar Menang Besar Di Game BandarQ

    Untuk Info Selanjutnya di INDOKARTU

    Silahkan add kontak kami bosku ^^

    WA : 081333366766
    BBM : indkartu
    LINE : indokartu

    BalasHapus
  3. Mari bergabung bersama kami, saat ini S128Cash sudah menjadi salah satu Bandar Judi Online Teraman dan Terpercaya.
    Disini siap memberi pelayanan terbaik 24 jam 7 hari NONSTOP !! dan dilayani CS PROFESIONAL dan SANGAT SOPAN.
    Berikut Permainan yang disediakan S128Cash :
    - Sportbooks
    - Live Casino
    - Sabung Ayam Online
    - IDNPoker
    - Slot Games
    - Tembak Ikan Online
    - Klik4D

    Kami juga menyediakan berbagai PROMO BONUS yang sangat menarik untuk member-member tercinta kami, seperti :
    - BONUS NEW MEMBER 10%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
    - BONUS CASHBACK 10%
    - BONUS FREEBET 200rB
    - BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !! ( Ayam Sabung )

    Segera daftarkan diri Anda bersama kami, untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami melalui :
    - Livechat : S128Cash
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.org

    S128

    BalasHapus